Connect with us

Kuliner

Berburu Kuliner Khas Bandung Yang Menggugah Selera

Published

on

Share

Reportersatu, Dengan udara yang sejuk Bandung menjadi salah satu destinasi favorit wisata di Indonesia. Seperti yang telah diketahui, Bandung memang memiliki berbagai wisata alam, wisata kota, dan budaya yang mengagumkan. Namun tidak lengkap rasanya berlibur ke Bandung kalau tidak menikmati sajian kuliner khas yang menggugah selera.

Wisata kuliner Bandung sudah dikenal para wisatawan dengan kelezatannya. Kamu mungkin sudah mengenali berbagai macam makanan khas Bandung seperti, Seblak, Cilok, Batagor, hingga Surabi. 

Baca Juga : Tambahkan 5 Topping Salad Yang Sehat Agar Tidak Monoton

Meskipun makanan-makanan ini sudah banyak dijual di daerah-daerah lain di seluruh nusantara, namun mencoba makanan khas Bandung langsung dari tempat asalnya tentu akan lebih memuaskan.

Roti Bakar Madtari

Wisata kuliner Bandung pertama yang harus kamu cicipi adalah roti bakar Madtari. Roti Bakar Madtari berada di Jalan Rangga Gading No 12 Bandung. Menu yang ditawarkan seperti roti bakar, aneka olahan pisang, dan Indomie. Semua dilengkapi dengan keju yang melimpah.

Madtari juga menyediakan minuman hangat yang pas buat menghangatkan udara Bandung yang dingin di malam hari. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung apalagi para pengunjung muda.

Nasi Bistik Astana Anyar

Wisata kuliner Bandung selanjutnya yang harus kamu cicipi adalah nasi bistik astana anyar. Nasi bistik di sini merupakan nasi goreng yang diberi topping berupa daging ayam goreng tanpa tulang dengan kentang goreng, wortel, buncis, dan disiram saus BBQ. Harga satu porsi makanan nasi bistik astana anyar ini berkisar dari 19 ribu rupiah.

Lotek Kalipah Apo

Lotek Kalipah Apo merupakan salah satu wisata kuliner Bandung selanjutnya yang harus kamu cicipi. Dalam satu porsi lotek terdiri dari taoge, bayam, sayur kol, nangka, kacang panjang, tempe dan lontong serta yang paling penting bumbu kacang spesial.

Rasanya dijamin enak, manis, gurih serta saus kacang yang kental semakin membuat lidah makin bergoyang saat mencicipinya. Lotek kalipah apo ini beralamat di Jalan Kalipah Apo No 42, Bandung serta harga untuk satu porsi lotek berkisar seharga 15 ribu sampai 20 ribu.

loading...

Warung Kopi Purnama

Warung Kopi Purnama merupakan wisata kuliner Bandung legendaris yang bangunannya mirip rumah-rumah Belanda di zaman penjajahan dulu. Ngopi di sini seperti membawa kamu pada masa kolonial dulu.

Suasana vintage begitu terasa termasuk pada desain interior serta perabot yang digunakan. Lokasinya berada di Jalan Alkateri No 22. Menu andalannya berupa kopi susu dan roti selai sarikaya.

Sate Hadori

Sate Hadori Bandung berada di Jalan Stasiun Timur Bandun. Lokasinya dekat dengan pintu Stasiun Lama Bandung. Kuliner dengan bahan utama daging paha belakang kambing betina muda ini disajikan dengan pilihan bumbu kecap atau bumbu kacang yang gurih nan lezat. Ada pula menu lain seperti sate sapi dan sate sinereut.

Sate Hadori ini ternyata begitu melegenda dan kerap disambangi para petinggi negara termasuk presiden. Sate Hadori telah dirintis sejak tahun 1940. Di sini pengunjung juga bisa melihat pengolahan sate mulai dari pemotongan daging, pembumbuan, hingga pembakaran.

Ronde Alkateri

Wisata kuliner malam tak lengkap dengan minuman hangat. Wedang Ronde Alkateri ini bisa sambangi di Jalan Alkateri Bandung saat malam hari. Lokasinya berada di dekat alun-alun Kota Bandung, cocok bagi kamu yang ingin bersantai menikmati indahnya kota Bandung.

Ronde Alkateri terdiri dari perpaduan hangat jahe dan manisnya gula jawa, ditambah bulatan ronde hangat yang kenyal dengan isian kacang tanah yang gurih dan renyah di mulut. Ronde ini bahkan menjadi ronde paling legendaris di Bandung dengan banyak penggemar. Ronde Alkateri cocok untuk menemani bersantai di dinginnya kota Bandung.

Nasi Kuning Pungkur

Jika biasanya nasi kuning disantap pada pagi hari untuk sarapan, di Bandung nasi kuning hadir sebagai kuliner malam. Nasi kuning pungkur buka mulai pukul 21.30 hingga 3 dinihari. Satu porsi nasi kuning pungkur bisa dinikmati mulai dari harga Rp 10.000.

Nasi kuning pungkur berbeda dengan nasi kuning lainnya. Satu porsi nasi kuning ini selain berisi irisan telor dadar, kering tempe, sambal, ditambah pelengkap gorengan yang dicampur bumbu kacang, seperti risol, bala-bala (bakwan), gehu (tahu isi), batagor dan lainnya.

Mie Naripan

Salah satu kuliner legendaris yang masih bertahan sampai saat ini adalah kedai Mie Naripan yang berlokasi di Jalan Naripan No 108 (tepat berada di persimpangan antara Jalan Naripan dan Jalan Sunda). Meski hanya memiliki luas bangunan 100 meter persegi, tempat wisata kuliner Bandung ini mampu menampung hingga 90 orang pelanggan sekaligus.

Menu favorit di kedai ini adalah Mie Yamin dan Mie Kuah Naripan. Kedua hidangan tersebut menggunakan mi yang dibuat sendiri oleh pemilik rumah makan.

Cilok Bapri

Wisata kuliner Bandung selanjutnya yang harus kamu cicipi adalah cilok. Cilok sendiri merupakan singkatan dari aci dicolok. Makanan ini biasa dilengkapi dengan bumbu kacang atau kecap serta saus untuk pecinta pedas.

Ada beragam jenis cilok yang bisa kamu coba, mulai dari cilok isi, cilok rujak, cilok bumbu lada hitam, cilok goreng serta banyak variatif cilok lainnya yang wajib kamu coba. Salah satu cilok yang terkenal adalah cilok Bapri yang sudah banyak tersebar di wilayah Bandung yakni Bandung Utara, Bandung Timur, Bandung selatan dan Kota Cimahi.

Seblak Jebred

Seblak sendiri merupakan jajanan yang dibuat dari kerupuk mentah dimasak bareng bumbu dan berbagai bahan nikmat lainnya, seperti telur, ceker, dan tentunya cabai. Apalagi kalau menikmatinya bareng dengan keluarga atau sahabat. Salah satu seblak yang paling banyak dicari dan direkomendasikan adalah seblak jebred.

Bubur Ayam Gibbas

Wisata kuliner Bandung berikutnya yang harus kamu cicipi adalah bubur ayam gibbas.  Bubur ayam gibbas merupakan salah satu bubur ayam paling direkomendasikan untuk wisata kuliner Bandung. Bubur ayam ini selalu ramai oleh pengunjung setiap harinya. Satu porsi bubur ayam dengan beragam topping yang melimpaj ini di jual seharga 14 ribu gingga 20 ribu. Bubur ayam gibbas ini beralamat di seberang Rumah Sakit Kebon Jati, tepatnya di Jalan Kebon Jati No 187, Bandung.

Roti Gempol Bandung

Roti Gempol berlokasi di Jalan Gempol Wetan No 14 – 16. Ada dua menu andalan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Roti Gempol, yaitu Roti Bakar Gandum Asin Komplit dan Roti Bakar Putih Manis Isi Kacang Cokelat.

Kabarnya, tempat ini sudah ada sejak tahun 1958 silam dan diwariskan secara turun-temurun. Meski sangat sederhana, pengunjung akan merasa betah menghabiskan banyak waktu di sana seperti berada di rumah sendiri.

Bebek Ali Borromeus

Bebek Ali Borromeus, atau sering juga disebut Bebek Borme merupakan salah satu wisata kuliner Bandung terkenal lainnya. Ali merujuk pada nama sang pemilik warung, sementara Borromeus adalah nama rumah sakit yang menjadi penanda lokasi warung kaki lima ini.

Bebek Borromeus buka dari jam 5 sore hingga malam hari. Baru buka saja biasanya tempat ini sudah diserbu pembeli, dan akan bertambah ramai jika sudah memasuki jam makan malam.

Perkedel Bondon

Perkedel ini hanya hadir pada malam hari saat matahari telah tenggelam. Keunikan lain dari perkedel ini adalah adonan perkedel kentang masih digoreng menggunakan tungku tradisional yang memberinya cita rasa khas.

Perkedel Bondon berlokasi di Jalan Kebun Jati No.42, Kebun Jeruk, Bandung. Satu perkedel sekarang dihargai seribu rupiah. Perkedel Bondon sangat nikmat disajikan hangat-hangat dengan cocolan sambal terasi yang menggugah selera.

Seblak Oces

Selain batagor, cuanki, atau cilok, kuliner Bandung yang khas lainnya adalah seblak atau kerupuk yang dimasak menggunakan kuah. Kamu bisa mencoba Seblak Oces yang berada di Jalan Dipati Ukur. Ada 2 jenis seblak di sini yaitu seblak basah dan seblak kering. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 12.000 tergantung dengan pilihan topping.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *