Connect with us

Kuliner

Berbagai Tips Atasi Rasa Pedas Yang Bikin Kalap

Published

on

Makan Cabe Pedas
Share

Reportersatu, Semua orang tahu betul bahwa banyak mengonsumsi makanan pedas bisa membuat kepedasan, lidah terasa terbakar, hingga berkeringat. Adapun kemunculan sensasi ini disebabkan oleh senyawa capsaicin–yang menyebabkan pedas pada cabai.

Di balik efeknya itu, cabai baik untuk saluran pencernaan. Bagi yang mengalami sembelit, cabai bisa meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga proses buang air besar menjadi lancar. Selain itu, cabai bisa mempercepat metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori menjadi lebih efisien.

Bahkan, cabai juga mengandung vitamin C, vitamin A, mineral, antioksidan dan serat.

Apakah Kamu termasuk penggemar makanan pedas, tapi kalap karena efeknya? Jika iya, jangan khawatir, Kamu tetap bisa tetap bisa menikmatinya dengan memahami cara mengatasi efek konsumsi makanan pedas.

Berikut ini cara yang bisa Kamu lakukan untuk meredakan sensasi pedas dan panas di mulut.

1. Minum susu
Menurut penelitian, minum susu bisa menghilangkan rasa pedas dengan cepat. Pasalnya, protein pada susu bisa menggantikan capsaicin yang membuat cabai terasa pedas dan menimbulkan sensasi panas, juga terbakar.

Jadi, jika telanjur kalap karena kepedasan, Kamu bisa mengurangi sensasi ini dengan minum susu.

2. Minuman asam
Meminum atau mengonsumsi makanan asam seperti lemon dan tomat pun bisa mengatasi kepedasan. Asam pada minuman tersebut bisa menghilangkan pedas akibat capsaicin.

3. Gula
Minum air putih bukanlah solusi tepat untuk menghilangkan sensasi pedas. Sebab capsaicin yang berbahan dasar minyak tak akan bisa dihilangkan dengan air. Meski demikian, Kamu bisa mencoba mengonsumsi satu sendok teh gula utuh atau madu guna menghilangkan rasa pedas.

4. Nasi atau roti dan pisang
Nasi atau roti bisa menyerap rasa terbakar akibat capsaicin. Sehingga rasa pedas di mulut pun akan reda. Selain itu, pisang juga bisa membantu untuk meredakan rasa pedas yang Anda rasakan.

5. Minyak sayur
Capsaicin bisa dihilangkan dengan minyak sayur atau minyak zaitun. Kamu bisa memanfaatkannya untuk ‘mencuci’ mulut dan menghilangkan sensasi terbakar.

Kamu disarakan untuk memasukkan minyak ke dalam lemari es agar dingin.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *