Connect with us

Kesehatan

Berapa Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Tingkatkan Kadar Dopamin Untuk Picu Rasa Senang

Published

on

Menaikkan Dopamin Tubuh Doktersehat
Share

Reportersatu, Kamu pastinya pernah atau sering merasa senang. Emosi ini bukan hanya muncul sebagai respons terhadap sesuatu di luar tubuhmu, lho. Pasalnya, munculnya rasa senang juga berkaitan dengan proses kimia di dalam tubuh. Nah, senyawa kimia dopamin sangat berandil pada proses ini.

Untuk diketahui, dopamin berperan membawa pesan penting ke otak, seperti memori dan bahkan mengatur gerakan tubuh. Apabila diproduksi dalam jumlah banyak, hormon ini membantumu merasa emosi senang, lho. Rasa ini memberi pesan ke otak untuk mengulang perilaku yang menyebabkan rasa senang itu.

Kadar dopamin sejatinya diatur oleh sistem saraf. Nah, meski begitu, ada sejumlah hal yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan kadar dopamin secara alami, di antaranya:

1. Tidur cukup
Kurang tidur bisa mengurangi sensitivitas dopamin di otak, yang menyebabkan perasaan kantuk. Maka dari itu, sebaiknya Kamu tidur teratur dan berkualitas. Sehingga kadar dopamin lebih stabil dan membantumu lebih waspada pada siang hari.

2. Mendengarkan musik
Sebuah penelitian, menemukan adanya peningkatan 9% kadar dopamin otak ketika seseorang mendengarkan lagu-lagu instrumental. Maka dari itu, Kamu sering-sering mendengarkan musik, ya.

3. Konsumsi makanan berprotein tinggi
Kamu bisa mencoba konsumsi makanan yang kaya protein, seperti ayam, daging sapi, telur, susu, dan kacang-kacangan. Hasil penelitian juga menyebutkan bahwa asam amino tirosin dan fenilalanin yang dikandung makanan berprotein tinggi bisa mendorong produksi dopamin.

4. Kurangi konsumsi lemak jenuh
Meski belum terbukti efektif bagi manusia, Kamu bisa mencoba kurangi konsumsi lemak jenuh. Memang, penelitian mengenai hal ini masih minim dan membutuhkan penelitian lanjutan. Namun, Menurut penelitian yang dilakukan terhadap hewan, diet tinggi lemak jenuh bisa mengurangi sinyal dopamin di otak. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi pun bisa menurunkan level dopamin di otak.

5. Terpapar matahari
Kurangnya paparan sinar matahari menyebabkan gangguan afektif musiman atau Seasonal affective disorder (SAD), yakni sebuah kondisi di mana seseorang merasa sedih atau stres selama musim dingin atau cuaca mendung ketika tak terpapar sinar matahari. Pasalnya, kekurangan paparan matahari bisa menurunkan tingkat neurotransmitter yang meningkatkan mood, termasuk dopamin.

Maka dari itu, Kamu juga butuh paparan sinar matahari. Namun, Kamu harus membatasinya, utamanya ketika radiasi ultraviolet sedang kuat. Biasanya antara jam 10 pagi hingga jam 2 siang, dan Kamu sebaiknya menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

6. Meditasi
Dengan bermeditasi, pikiranmu bisa lebih bersih dan lebih terpusat. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa hal ini bisa memengaruhi peningkatan kadar dopamin di otak.

Meditasi bisa meningkatkan kadar dopamin di otak para meditator yang berpengalaman. Namun belum jelas apakah efek ini pun terjadi pada orang yang baru mengenal meditasi. Tak ada salahnya untuk Kamu coba.

7. Rutin berolahraga
Olahraga bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kadar dopamin ketika dilakukan secara teratur. Peningkatan suasana hati bisa dirasakan paling tidak setelah 10 menit berolahraga aerobik, sementara level dopamin cenderung paling tinggi setelah setidaknya 20 menit. Nah, Kamu juga bisa mencobanya.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *