Connect with us

Kesehatan

Beragam Manfaat Masker Tomat, Salah Satunya Cegah Penuaan Dini

Published

on

Masker Tomat Hero.width 800.jpegquality 80 (1)
Share

Reportersatu, Buah tomat merupakan salah satu buah yang menyimpan banyak khasiat terutama untuk kesehatan kulit. Antioksidan bernama likopen dalam tomat menjadi salah satu yang ampuh dalam memerangi efek radikal bebas penyebab kanker.

Tidak hanya itu, kandungan bermanfaat lain dalam tomat ialah antioksidan seperti polifenol, chlorogenic acid, naringenin dan masih banyak lagi. Apabila dikonsumsi, buah tomat ini sangat rendah kalori dan lemak. Namun tetap kaya akan karotenoid, vitamin A, folat, vitamin C serta kalium.

Baca Juga : Manfaat Sayur Kangkung, Cegah Anemia Hingga Menyehatkan

Selain dikonsumsi, Anda dapat menjadikan tomat sebagai masker. Kombinasikan dengan bahan lain seperti madu atau lemon guna menambah khasiat lainnya. Dirangkum dari berbagai sumber.

berikut adalah 7 manfaat masker tomat untuk wajah yang ampuh,

Cegah Penuaan Dini

Manfaat masker tomat untuk wajah yang pertama adalah mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Manfaat satu ini bisa Anda dapatkan apabila menggunakan masker tomat dengan rajin. Maka Anda akan mendapati kulit wajah yang nampak lebih muda dan juga sehat

Sebab masker tomat ini dipercaya mampu membuat kulit menyerap oksigen dan dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini. Maka, tidak ada salahnya untuk rajin-rajin memakai masker tomat untuk perawatan wajah cantik Anda.

Hilangkan Komedo

Manfaat masker tomat untuk wajah selanjutnya adalah dapat menghilangkan komedo. Setiap orang pasti pernah mengalami masalah komedo pada wajahnya. Seperti diketahui bahwa komedo sering kali dianggap sepele namun mampu merusak kepercayaan diri seseorang.

Kini sudah banyak tersedia skincare yang diciptakan guna mengatasi masalah komedo. Namun masker tomat juga bisa menjadi pilihan untuk mengurangi komedo pada wajah karena alamiah tanpa bahan kimia. Siapkan 1-2 sdm tomat yang sudah dihancurkan terlebih dahulu, 1 sdm oat dan 1 sdm yoghurt plain, kemudian campurkan seluruh bahan menjadi satu serta oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit dan kemudian bilaslah dengan air bersih.

Mencerahkan Wajah

Manfaat masker tomat untuk wajah berikutnya adalah dapat membantu Anda untuk mencerahkan kulit. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit wajah kusam atau bintik-bintik hitam, menggunakan masker tomat akan menjadi pilihan tepat.

Anda juga bisa menambahkan lemon ke dalam masker tomat yang hendak dibuat karena baik tomat atau pun lemon memiliki sifat anti-bakteri yang bisa melawan kuman-kuman di wajah Anda.

Menghaluskan Kulit

Menghaluskan kulit adalah salah satu manfaat yang dapat dipetik dari penggunaan masker tomat untuk wajah. Masker tomat tidak hanya dapat mencerahkan wajah saja, namun juga dapat menghaluskan kulit apabila digunakan secara rutin.

Campurkan jus tomat dengan madu agar membuat pasta menjadi kental, kemudian oleskan pada wajah Anda dengan masker tomat. Diamkan selama 10 hingga 15 menit. Nah jika sudah, Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Samarkan Kantung Mata Hitam

Manfaat masker tomat untuk wajah juga dapat mencerahkan bagian area mata Anda. Untuk mengatasi kantung mata yang hitam, Anda bisa membuat masker tomat serta menambakan campuran seperti lidah buaya. Cukup campurkan dengan sebanyak 1 sdm sari tomat dengan beberapa tetes gel lidah buaya.

Kemudian jangan lupa mencampurkannya secara rata dan langsung oleskan pada area bawah mata atau pun seluruh wajah. Diamkan selama 10 menit lamanya kemudian bilaslah dengan air. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengulangi perawatan ini selama 3 kali dalam satu minggu.

Mengecilkan Pori Wajah

Adapula manfaat lain dari masker tomat untuk wajah adalah dapat mengecilkan pori-pori yang nampak membesar. Ya, Anda dapat menggunakan air perasan tomat segar sebagai masker wajah alami sembari memijatnya secara lembut dan perlahan.

Ini sangat berfungsi untuk mengecilkan pori-pori wajah Anda sehingga pada nantinya wajah akan terlihat jauh lebih bersih serta menawan. Lakukan cara ini dengan rutin setiap minggunya agar mendpatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan dan tentunya maksimal pula.

Tangkal Paparan Sinar Matahari

Manfaaat masker tomat untuk wajah lainnya adalah mampu membuat kulit Anda mendapatkan proteksi dari paparan sinar matahari. Kandungan lycopene yang ada dalam tomat akan diserap oleh sel-sel kulit wajah atau pun tubuh Anda.

Nah hal ini lah yang pada nantinya akan membantu menangkal paparan sinar matahari terutama sinar ultra violet yang sangat berbahaya bagai kesehatan kulit manusia.

Itu tadi merupakan informasi manfaat masker tomat untuk wajah Anda. Semoga informasi tadi dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda sehingga tetap berkilau dan cerah. Selain itu Anda akan terbebas dari keluhan penuaan dini yang terjadi. Selamat mencoba dan sehat selalu.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *