Connect with us

Nasional

Berada di Ring Of Fire, Jokowi Imbau Masyarakat Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan

Published

on

Share

Reportersatu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar seluruh masyarakat tetap waspada dengan adanya bencana yang hadir di Indonesia. Sebab, Indonesia berada di wilayah cincin api atau ring of fire.

Hal itu disampaikan Jokowi setelah memberikan pernyataan resmi terhadap gempa bumi yang terjadi di wilayah Malang, Jawa Timur. Pemerintah, kata Jokowi, turut berduka cita atas peristiwa yang terjadi dalam dua hari ini.

“Saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah Ring of Fire; cincin api. Oleh karena itu, aktivitas alam dapat terjadi setiap saat baik itu gempa dan lain-lain kapan saja,” kata Jokowi dalam video yang diunggah kanal Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (11/4/21).

Baca Juga : Usai Gempa Gubernur Jatim Ajak Warga Berdoa Bersama

“Dan oleh sebab itu, saya mengingatkan gubernur, bupati, wali kota untuk terus mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana,” tambah Jokowi.

Terkait gempa bumi di Malang, Jokowi telah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, sejumlah menteri dan kepala daerah untuk segera melakukan penanganan tanggap darurat.

“Mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan dan segera melakukan perawatan kepada korban yang luka-luka, dan penanganan dampak dari adanya gempa bumi tersebut,” tandas mantan Wali Kota Solo ini.

Sebelumnya, BNPB mencatat delapan orang meninggal dunia akibat dari gempa bumi yang terjadi di wilayah Malang, Jawa Timur.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *