Connect with us

Nusantara

Bantu Tangani Ledakan Covid di Kudus, Pemprov Jateng Kirim Puluhan Nakes

Published

on

Share

Reportersatu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membeberkan kondisi perkembangan Covid-19 di Kudus yang belakangan terjadi ledakan kasus. Ratusan tenaga medis dan dokter diterjunkan untuk menangani pasien Covid-19 itu.

“Total ada 96 dokter dan perawat yang diperbantukan, dengan rincian lima dokter spesialis paru, lima dokter spesialis penyakit dalam, 38 dokter umum, dan 48 perawat,” kata Ganjar seperti dikutip dari Antara, Sabtu (5/6/21).

Ia menambahkan sebagian tenaga kesehatan yang dikirim ke Kabupaten Kudus itu berasal dari dokter di RSUD Moewardi, Kota Surakarta, dan sebagian lagi dibantu oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jateng.

loading...

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19, Sumut Tunda Sekolah Tatap Muka

“Untuk perawat, ini butuhnya agak banyak 198, 48 sudah kami penuhi dari pemprov, terus kemudian yang masih proses kami 150 ini, ada dari PPNI, Poltekkes, Stikes yang sedang menyiapkan kurang lebih 150,” ujarnya pula.

Pemprov Jateng saat ini juga sedang menyiapkan tenaga kesehatan lain yang bakal diperbantukan di Kabupaten Kudus, seperti analis kesehatan, ahli gizi, hingga apoteker.

“Saat ini masih dalam proses ‘assessment’ untuk bisa segera diperbantukan,” kata politikus PDI Perjuangan.

Menurut Ganjar, kondisi penanganan covid-19 di Kabupaten Kudus saat ini mulai diatur dengan baik. Pemkab setempat juga telah mengirimkan sejumlah kebutuhan, yang beberapa di antaranya juga telah dipenuhi oleh Pemprov Jateng.

“Ya sekarang kami memantau Kudus sambil sekaligus mendampingi, karena memantau saja tidak cukup,” ujarnya.

Selain itu, alat-alat kesehatan juga sebagian telah dipenuhi Pemprov Jateng, seperti ventilator dan oksigen, sedangkan alkes seperti High Flow Nasal Cannula (HFNC) dan hepa filter. Ganjar juga telah mengusulkan pemerintah pusat untuk membantu memenuhi kebutuhan itu.

“Dan untuk obat-obatan, alhamdulillah semua yang dibutuhkan udah kami kirim. Lalu untuk APD juga sama, semua kebutuhannya kami kirim. Jadi artinya apa, sampai dengan kebutuhan yang sifatnya dukungan teknis kami coba bantu,” katanya lagi.

Ganjar menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan, BNPB, Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro dan lainnya yang telah membantu dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *