Connect with us

Peristiwa

Banjir Genangi Rel, Perjalanan Kereta Api di Semarang Terganggu

Published

on

Yew0sh5wxo (1)
Share

Reportersatu, Hujan deras yang terus terjadi sejak Sabtu dini hari mengakibatkan banjir menggenangi beberapa jalur KA di lintas utara pulau Jawa. Dampaknya kereta api yang akan melintas harus tertahan atau melintas dengan pembatasan kecepatan tertentu demi keselamatan. Akibatnya terdapat beberapa perjalanan KA penumpang dan barang yang mengalami keterlambatan.

“Di Stasiun Poncol hanya halaman parkir depannya terendam. Dengan kondisi banjir yang hampir merata di wilayah Daop 4 Semarang ini, berakibat perjalanan 7 kereta api yang melintas utara terganggu akibat terendam banjir,” kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiantoro dalam keterangannya, Sabtu (6/2/21).

loading...

Dia menyebut untuk upaya menekan kelambatan dan tetap melayani para pelanggan KA, PT KAI Daop 4 Semarang mengalihkan rute atau mengalihkan ke moda lain. Pengalihan untuk KA Argo Bromo Anggrek dari Stasiun Gambringan dialihkan rute perjalanannya melalui lintas Selatan lewat Solo-Yogya-Purwokerto-Cirebon.

“KA Harina para pelanggannya selain mendapatkan service recovery, dialihkan dengan moda bus dari Stasiun Poncol menuju ke Stasiun Brumbung dengan jarak 17 km untuk selanjutnya diangkut dengan rangkaian yang telah disiapkan eks rangkaian KA Maharani,” ujarnya.

“Jalur lintas utara yang masih terjadi banjir dan belum bisa dilalui KA adalah petak jalan Stasiun Poncol-Tawang dan Stasiun Tawang-Alastua karena kedalaman air mencapai 30 cm di atas kepala rel,” ungkap dia.

Sedangkan pelanggan KA Maharani untuk menuju ke Semarang diangkut dengan bus. Kemudian Pelanggan KA Joglosemarkerto dari Stasiun Alastua diangkut dengan minibus menuju Stasiun Poncol.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan kereta api yang terjadi di wilayah Semarang dan sekitarnya akibat banjir pada Sabtu pagi.

“Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Semarang dan sekitarnya,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *