Connect with us

Internasional

Bahas Perdamaian, Menlu AS Bertolak ke Timur Tengah

Published

on

Share

Reportersatu, Untuk membangun gencatan senjata Gaza dan meletakkan dasar agar dimulainya kembali pembicaraan damai yang telah lama terhenti, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken bertolak ke Timur Tengah, Senin (24/5).

Presiden AS Joe Biden mengumumkan Blinken akan berangkat pada Senin (24/5). Dia melakukan kunjungan singkat ke Israel, Tepi Barat, Yordania, dan Mesir untuk pertemuan tatap muka mengenai krisis yang meletus awal bulan ini di Gaza.

loading...

Baca Juga : Covid Mereda, Malta Longgarkan Kebijakan Prokes

Dalam sebuah pernyataan, Biden mengatakan, Blinken juga akan bekerja dengan mitra regional untuk memastikan upaya internasional yang terkoordinasi guna memastikan bantuan segera mencapai Gaza. Langkah ini terjadi setelah pemerintahannya dikritik habis-habisan karena tanggapan awal yang dianggap lepas tangan terhadap kekerasan mematikan di Palestina.

Pada akhir pekan, Blinken mengatakan, upaya di balik layar yang dipimpin oleh Biden terbayar dengan terjadinya gencatan senjata antara Israel dan Hamas setelah 11 hari.

“Presiden Biden yang memimpin upaya ini membuat penilaian bahwa kami dapat menjadi yang paling efektif dalam melakukan itu. Dan akhirnya, setelah upaya intensif di seluruh pemerintahan ini, kami mencapai tempat yang diinginkan semua orang, yaitu mengakhiri kekerasan,” katanya.

Blinken pun menyatakan, saat ini merupakan sebuah kewajiban untuk menempatkan Palestina dan Israel dalam ukuran yang sama dari kesempatan, keamanan, dan martabat. Dia mengatakan waktunya tidak tepat untuk dimulainya kembali segera dalam negosiasi antara kedua belah pihak. Langkah-langkah dapat diambil terutama inisiatif kemanusiaan.

Upaya cepat tersebut dilakukan untuk memperbaiki kerusakan dari serangan udara Israel di Gaza. Serangan-serangan Israel telah menyebabkan kerusakan signifikan pada infrastruktur sipil dan kematian di wilayah Palestina itu.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *