Connect with us

Internasional

Bahas Myanmar, Pemerintah Inggris Minta Pertemuan Khusus Dengan DK PBB

Published

on

Share

Reportersatu, Menyusul situasi pascakudeta di Myanmar yang terus mengkhawatikan. Pemerintah Inggris meminta pertemuan dengan Dewan Keamanan PBB mengenai Myanmar pada Jumat (5/3) mendatang. Pertemuan itu dijadwalkan untuk dilakukan secara tertutup.

Sebelumnya, Dewan Keamanan PBB telah menyuarakan keprihatinan yang mendalam atas kudeta dan menyerukan pembebasan terhadap semua tahanan yang ditangkap oleh militer.

Misi diplomatik China untuk PBB mengatakan ada kesepakatan umum di antara anggota dewan keamanan untuk segera melakukan pertemuan terkait Myanmar. Situasi di Myanmar pascakudeta pada 1 Februari lalu diwarnai ketegangan, dengan banyaknya demonstran yang turun ke jalan menyuarakan protes dan menuntut penegakan demokrasi.

loading...

Baca Juga : Dewan Gereja Katolik Sebut Pemukim Yahudi Membakar Sebuah Biara di Yerusalem

Aksi protes yang awalnya digelar secara damai mendapat respons keras dan berujung bentrokan. Pasukan keamanan Myanmar dilaporkan menembakkan peluru tajam dan gas air mata ke pengunjuk rasa pada demonstrasi yang digelar pada Selasa (2/3), menyebabkan sedikitnya tiga orang terluka parah.

Pasukan keamanan telah memberlakukan tindakan keras terhadap demonstran yang menentang militer. Dalam sebuah laporan PBB, secara keseluruhan sejak satu bulan kudeta dan aksi protes digelar di Myanmar, terdapat 18 pengunjuk rasa yang tewas.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *