Connect with us

Kesehatan

Awali Pagi Dengan Sarapan, Ini 6 Manfaatnya Bagi Tubuh

Published

on

Ietvf1pbfwsprefopfbws1k2d5sxalypfjzxgu8n
Share

Reportersatu, Karena terburu-buru atau tak mau ambil repot, banyak orang akhirnya tak pernah sarapan. Jika hal tersebut terus dilakukan, jelas seseorang sedang dalam merugi karena sarapan merupakan waktu makan yang sangat penting karena bisa membantu metabolisme dan membakar kalori sepanjang hari.

Melewatkan sarapan, secara tidak langsung juga akan membuat jam biologis tubuh jadi terganggu. Untuk memulai hari, sarapan dijadikan sebagai sumber dan pasokan energi yang dibutuhkan tubuh. Layaknya sebuah mobil, tubuh manusia juga membutuhkan ‘bahan bakar’ untuk memberikan energi saat akan memulai aktivitas.

Baca Juga : 9 Cara Alami Untuk Memutihkan Gigi

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan, mengapa sarapan sangat penting untuk tubuh. Lantas, apa sajakah manfaat sarapan pagi bagi tubuh?

Berikut ulasan selengkapnya.

Hasilkan Energi

Sarapan, merupakan waktu makan yang sangat penting bagi tubuh. Sebab, dari sarapan maka tubuh akan menghasilkan energi yang digunakan untuk memulai aktivitas. Tubuh manusia yang kurang mengonsumsi makanan di pagi hari akan terasa lemah, baik dalam melakukan kegiatan fisik maupun dalam berpikir.

Hal itulah yang membuat jika kebiasaan sarapan akan menjadikan seseorang lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan.

Melindungi Tubuh dari Penyakit

Seseorang yang terbiasa melewatkan sarapan disebut memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi dalam tubuh. Sebab, serat pada makanan yang dikonsumsi pada waktu sarapan bertugas untuk mengikat kolesterol jahat agar cepat dibuang ke luar tubuh sebelum mencapai ke arteri.

Oleh sebab itu, mengonsumsi serat tinggi seperti gandum utuh dan biji-bijian dengan campuran susu cukup baik untuk sarapan. Hal tersebut karena dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, rutin sarapan juga mampu menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin.

Dengan kata lain, rutin sarapan akan menjauhkan Anda dari penyakit berbahaya, seperti diabetes.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Otak

Meningkatkan konsentrasi otak merupakan salah satu manfaat sarapan yang dapat dirasakan. Sarapan pagi merupakan asupan pertama setelah tubuh berpuasa semalaman. Saat sarapan, otak kembali mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, dalam bentuk glukosa dan glikogen. Kemudian, otak akan mendapatkan sinyal jika tubuh telah siap melakukan aktivitas hari ini. Jika kebutuhan glukosa tidak terpenuhi, kamu akan merasa sulit untuk berkonsentrasi, dan merasa cepat lelah.

Tingkatkan Mood

Rutin melakukan sarapan juga bisa membantu meningkatkan mood seseorang. Jika nda merasa lebih mudah kesal atau marah saat siang hari, coba ck apakah Anda sudah sarapan atau belum. Sebab, hal itu bisa disebabkan karena perut merasa lapar. Agar ini tidak terjadi, biasakan untuk memulai hari dengan sarapan, agar suasana hati lebih baik dan stres di pagi hari dapat diatasi.

Bantu Turunkan Berat Badan

Alih-Alih bisa membuat berat badan bertambah, rutin sarapan justru akan menjaga berat badan Anda agar tetap ideal. Sebab, jika seseorang sudah mengisi perutnya dengan sarapan di pagi hari, maka pada siang hari ia tidak akan merasa terlalu lapar dan tidak akan kalap saat makan siang.

Memberi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Jika terlalu sering melewatkan sarapan, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak akan terpenuhi dengan baik. Ketika seseorang terbiasa sarapan, mereka cenderung memiliki pola makan sehat secara keseluruhan. Nah, jika hal tersebut rutin dilakukan setiap hari, sarapan dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Untuk memperoleh manfaat baik dari sarapan, sebaiknya Anda jangan terlalu mengonsumsi banyak karbohidrat di pagi hari. Sebaiknya konsumsilah sereal gandum utuh, buah, sayuran, daging tanpa lemak, telur rebus, ayam, dan susu rendah lemak. Jangan lupa untuk mengkombinasikan menu sarapan dengan karbohidrat kompleks, protein, serat, serta sedikit lemak, agar Anda merasa kenyang lebih lama.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *