Connect with us

Internasional

Atasi Krisis Ekonomi, The Fed Berlakukan Kebijakan Ala Krisis Keuangan 2008

Published

on

Atasi Krisis Ekonomi, The Fed Berlakukan Kebijakan Ala Krisis Keuangan 2008
Share

Reportersatu, Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve meluncurkan kembali kebijakan pembelian utang jangka pendek era krisis keuangan 2008.

Kebijakan tersebut dilakukan untuk membantu perusahaan dapat membayar pekerja dan membeli pasokan guna melalui dampak pandemi virus corona.

Baca Juga : Diduga BOM Bunuh Diri 8 Orang Tewas di Paskitan

Fasilitas pendanaan commercial paper merupakan salah satu langkah bank sentral untuk mencoba melawan dampak ekonomi yang merugikan akibat pandemi virus corona dan gejolak di pasar global dengan memompa uang ke ekonomi riil.

loading...

Commercial paper merupakan pendanaan jangka pendek tanpa jaminan atau surat sanggup bayar yang dibuat perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dana kurang dari setahun. Pasar keuangan saat ini berada dalam tekanan seiring meningkatnya kekhawatiran bahwa perusahaan-perusahaan akan mengalami gangguan bisnis.

Kebijakan pendanaan melalui surat sanggup bayar tersebut dipandang investor sebagai alat yang penting bagi The Fed untuk memberikan pinjaman langsung kepada pengusaha kecil yang mempekerjakan lebih dari separuh tenaga kerja AS.

“Dengan memastikan kelancaran fungsi pasar ini, khususnya di saat-saat sulit, The Federal Reserve memberikan kredit untuk mendukung keluarga, bisnis, dan pekerjaan di seluruh ekonomi,” kata The Fed dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Rabu (18/3).

Baca Juga : Insiden di Gereja Burkina Faso Menewaskan Banyak Orang

Program pendanaan commercial paper dikeluarkan The Fed pertama kali pada musim gugur 2008, saat puncak krisis keuangan dan ditutup pada 2010. The Federal Reserve New York kini telah menyediakan dana khusus untuk membeli surat utang tersebut dari penerbit dengan bunga yang kecil.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *