Connect with us

Internasional

AS Selesaikan Kunjungan Kapal Induk ke Vietnam

Published

on

As Selesaikan Kunjungan Kapal Induk Ke Vietnam
Share

Reportersatu, Amerika Serikat (AS) telah menyelesaikan kunjungan kapal induk di Vietnam, Rabu (11/3). Kedutaan Besar AS di Hanoi menyatakan, kunjungan itu adalah kali kedua yang dilakukan sejak 2018.

“Kunjungan seperti ini tidak hanya memperkuat kemitraan Amerika Serikat dengan Vietnam, tetapi mereka juga terus memastikan perdamaian dan stabilitas dan kebebasan perdagangan di seluruh kawasan,” kata Duta Besar Daniel Kritenbrink.

loading...

Baca Juga : Diduga BOM Bunuh Diri 8 Orang Tewas di Paskitan

USS Theodore Roosevelt dan iring-iringannya menyelesaikan kunjungan selama lima hari di kota Danang di Vietnam tengah pada 9 Maret. Peristiwa itu pun menjadi penanda 25 tahun hubungan diplomatik yang dijalani sejak Juli 1995.

Sebelum USS Theodore Roosevelt, Maret tahun lalu USS Carl Vinson menjadi kapal induk pertama yang melakukan kunjungan sejak akhir Perang Vietnam pada 1975. Upaya ini menjadi penanda hubungan strategis yang berkembang antara Hanoi dan Washington pada saat pengaruh China di Asia semakin meningkat.

Perwira Angkatan Laut di wilayah tersebut menyatakan, iringan AS sering melintasi Laut Cina Selatan yang disengketakan dan secara rutin dibayangi oleh kapal-kapal angkatan laut China. AS menuduh China melakukan militerisasi Laut China Selatan dan berusaha mengintimidasi negara Asia lainnya yang juga mengklaim wilayah.

Baca Juga : Kasus Virus Corona Menurun di 4 Provinsi Negara China

Vietnam telah muncul sebagai lawan paling vokal dari klaim teritorial China yang luas atas laut dan telah membeli perangkat keras militer AS. Negara itu telah membeli armada penjaga pantai kelas Hamilton.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *