Connect with us

Internasional

AS Lakukan Upacara Perjanjian Damai Dengan Taliban

Published

on

As Lakukan Upacara Perjanjian Damai Dengan Taliban
Share

Reportersatu,Dalam sebuah perjanjian bersejarah yang ditandatangi dengan Taliban pada Sabtu (29/2) di Doha, Amerika Serikat (AS) berjanji akan membawa pulang pasukannya dari Afghanistan dalam 14 bulan. Pengurangan pertama, dari 13.000 menjadi 8.600 tentara, akan dilakukan dalam 135 hari pertama.

Penarikan sepenuhnya akan bergantung pada kemampuan Taliban dalam memenuhi kewajibannya yaitu mengendalikan semua pihak di wilayahnya, termasuk al-Qaeda, untuk tidak mengancam AS atau sekutu-sekutunya, serta keberhasilan dari negosiasi antara Taliban dan warga Afghanistan mengenai peta jalan negara itu di masa depan.

loading...

Baca Juga : Eropa Menuding Amerika Menolak Gagasan Sebuah “Masyarakat Internasional”

Perjanjian Damai Amerika dan Taliban

“Kami akan mencermati komitmen Taliban dan menyesuaikan laju penarikan dengan aksi mereka,” kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam pernyataannya pada upacara penandatanganan perjanjian itu.

Perjanjian itu juga merincikan beberapa langkah yang diperlukan untuk memulai perundingan intra-Afghanistan.

Baca Juga : Pertemuan Pemimpin Asean di Batalkan, Amerika Serikat Khawatir Karena Wabah Covid-19

“AS berkomitmen untuk segera bekerja sama dengan semua pihak terkait mengenai rencana untuk membebaskan tahanan perang dan politik sebagai langkah membangun kepercayaan dengan koordinasi dan persetujuan dari semua pihak terkait,” kata teks perjanjian itu.

Hingga 5.000 tahanan Taliban dan hingga 1.000 anggota pasukan keamanan Afghanistan akan dibebaskan sebelum 10 Maret 2020, hari pertama perundingan intra-Afghanistan.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *