Connect with us

Nusantara

Armada Truk Pemadam Kebakaran Melakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan di Jalan Protokol

Published

on

Webp.net Resizeimage (15)
Share

Reportersatu, Kondisi Kota Jakarta yang sudah dinyatakan darurat penyebaran virus corona, armada truk pemadam kebakaran dikerahkan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di jalan jalan protokol Jakarta Barat.

Terlihat armada Damkar, berjalan pelan saat menyusuri Jalan di sekitaran kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (22/3/2020), dengan menggunakan pengeras suara, seseorang petugas Damkar dari dalam mobil memberikan imbauan kepada siapapun yang ada untuk menyingkir sejenak. 

Beberapa petugas memegangi selang dari atas mobil, mengarahkan cairan untuk menyemprot seluruh jalan dan fasilitas umum di area itu, menyemprot cairan disinfektan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.
“Mohon minggir sebentar ya, ini mau disemprot disinfektan dulu,” begitu suara yang terdengar dari dalam mobil Damkar.
Kasie Ops Damkar Jakarta Barat, Eko Sumarno mengatakan, total ada empat unit armada yang dikerahkan untuk menyemprot disinfektan di wilayah Kecamatan Tamansari, dimana pusatnya ada di kawasan Kota Tua Jakarta.

loading...

“Untuk Jakarta Barat terpusat di Kota Tua, namun hampir semua kecamatan melakukan penyemprotan,” kata Eko usai penyemprotan disinfektan, Minggu (22/3/2020).

Empat armada itu, kata Eko, menampung cairan disinfektan berbeda-beda tergantung dari ukuran armadanya.
Dia memastikan cukup untuk menyemprot disinfektan di sepanjang jalan utama dan fasilitas umum yang ada di wilayah Tamansari.
“Isinya beda-beda, ada yang membawa 10.000 liter dan 4.000 liter (cairan disinfektan),” katanya.

Saat penyemprotan di kawasan Kota Tua, sempat terkendala hujan yang mengguyur kawasan itu.
Namun, Eko menyebut adanya hujan justru membuat efek disinfektan jadi lebih maksimal menyebar.
“Kemungkinan makin bagus karena jadi menyebar cairannya, dan penyemprotan ini juga seharusnya berulang-ulang karena ini di sarana umum” ucapnya.

Lebih lanjut, ia berharap adanya penyemprotan disinfektan masal ini semakin menyadarkan masyarakat untuk pentingnya sama-sama mencegah penyebaran virus corona.
Salah satunya dengan tak banyak melakukan aktivitas di luar rumah, serta membuat disinfektan mandiri di kediamannya masing-masing.
Diketahui, Pemprov DKI Jakarta hari ini menyemprotkan cairan disinfektan serentak di seluruh wilayah.

Di Jakarta Barat, titik fokus yang jadi lokasi penyemprotan disinfektan berada di kawasan Kota Tua, Tamansari.
Di tempat wisata sejarah ini, sejak pagi petugas menyemprot seluruh area dan fasilitas yang ada di kawasan Kota Tua, mulai dari Taman Fatahillah hingga sejumlah museum yang ada disana. (Tito)


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *