Connect with us

Otomotif

Apple x Hyundai Berencana Bangun Mobil Listrik Otonom

Published

on

Apple X Hyundai 1024x569 (1)
Share

Reportersatu, Apple Inc dan Hyundai Motor berencana untuk menandatangani kesepakatan kemitraan terkait pengembangan mobil listrik tanpa sopir alias otonom, pada Maret 2021. Sedangkan proses produksinya akan berlangsung sekitar 2024.

Mengutip Reuters, laporan tersebut menyusul pernyataan Hyundai, bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan awal dengan Apple terkait mobil tanpa sopir yang rencananya siap dihadirkan pada 2027.

Sementara itu, pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini menolak mengomentari laporan terbaru terkait kerjasama dengan Apple ini. Hyundai hanya menegaskan komentar sebelumnya, jika sudah menerima permintaan kerja sama potensial dari berbagai perusahaan dalam pengembangan mobil listrik otonom tersebut.

Sebelumnya, Apple telah berencana untuk menghadirkan mobil tanpa sopir pada 2024, bahkan dengan menggunakan baterai miliknya sendiri yang lebih canggih.

Pengembangan di industri otomotif yang dilakukan Apple ini, disebut Project Titan dan sudah berjalan sejak 2014. Dimulai dari mendesain kendaraannya sendiri, dan pada satu titik Apple menarik diri, dan hanya fokus mengembangkan perangkat lunak.

Baca Juga : Tutup Pabrik di Indonesia, Nissan Ubah Strategi Penjualan

Kemudian, Doug Field, seorang veteran Apple yang pernah bekerja di Tesla kembali mengawasi proyek tersebut pada 2018 dan memberhentikan 190 orang dari tim tersebut pada 2019.

Sejak itu, Apple berkembang pesat dan bertujuan untuk membangun kendaraannya sendiri untuk konsumen. Inti dari strategi Apple adalah mendesain baterai baru yang dapar mengurangi biaya secara sifnifikan, dan meningkatkan daya jelajah mobil nirsopir tersebut.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *