Connect with us

Nasional

Antisipasi Wabah Corona, DPR Mengurungkan Niat Warga untuk Mudik Lebaran

Published

on

Antisipasi Wabah Corona, Dpr Menganjurkan Warga Untuk Tunda Mudik Lebaran
Share

Reportersatu, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta masyarakat Indonesia untuk mengurungkan niat pulang kampung atau mudik saat bulan puasa dan Lebaran Idul Fitri, karena untuk mencegah pandemi Virus Corona.

Baca Juga : Mahfud MD: Militer Indonesia Mudah Menang Lawan KKB di Papua

Ia mengatakan masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan lebaran, misalnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Sekarang dengan adanya telepon, video call bisa dilakukan, bisa saling memaafkan dengan telepon atau video call begitu,” kata Azis kepada wartawan, Selasa (17/3).

loading...

“Nanti setelah wabah mereda, baru mudik,” tuturnya lagi. Menurut Azis, esensi dalam Idul Fitri adalah saling memaafkan. Jika pun tidak melakukan tatap muka, perayaan lebaran masih bisa dilakukan.

Meski begitu, Politikus Partai Golkar itu menyebut ada kemungkinan wabah ini membaik saat lebaran, 23-24 Mei 2020. Karenanya, Azis meminta masyarakat bersabar menunggu kepastian.

Baca Juga : DPR RI Desak Pemerintah Akses Jamaah Umroh di Tutup Sementara

“Kita lihat perkembangan wabah Corona seperti apa perkembangan dalam, umpama, empat minggu ke depan seperti apa,” tuturnya.

Hingga Senin (16/3), Pemerintah Indonesia mencatat sudah ada 134 kasus penularan virus corona (Covid-19). Sebanyak lima orang di antaranya telah meninggal dunia dan delapan orang dinyatakan sembuh.

Sebelumnya, Deputi V Badan Intelijen Negara (BIN) Afini Boer menyampaikan puncak penyebaran Virus Corona akan berlangsung 60 hari sejak virus itu ditemukan di Indonesia, yakni pada Mei atau bertepatan dengan Ramadan 1441 Hijriah.

Baca Juga : TNI AL Tingkatkan Keamanan Maritim, Menggelar Mid Planning Conference

“Kita sudah membuat skema menggunakan perhitungan matematis, di Indonesia outbreak akan terjadi dalam 60 hari, berarti bulan Mei,” ujarnya di Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (13/3).


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *