Connect with us

Internasional

Angkatan Bersenjata India Latih Sejumlah Anjing Pelacak Untuk Deteksi Covid-19

Published

on

Share

Reportersatu, Angkata Bersenjata India Melatih dan menguji coba kemampuan penciuman sejumah anjing untuk melacak orang yang terinfeksi virus corona (Covid-19) melalui keringat dan air seni. Anjing pelacak corona bisa dijadikan metode pelacakan virus secara cepat, masif, dan non-invasif.

Dilansir Reuters, militer India melatih anjing pelacak dari jenis Cocker Spaniel dan Labrador untuk mengenali virus corona di New Delhi.

loading...

Baca Juga : Lindungi Biodiversitas di Garis Pantai, Israel Buru Kapal Pelaku Tumpahan Minyak Misterius

Menurut Kepala Pelatih Anjing Pelacak Angkatan Darat India, Kolonel Surender Saini, melatih anjing untuk mengenali virus corona adalah terobosan di negara itu. Meski demikian, beberapa negara sudah melatih anjing pelacak untuk bisa mengenali Covid-19.

“Berdasarkan data uji yang kita lakukan, kami bisa meningkatkan kemampuan anjing pelacak untuk mengenali virus hingga 95 persen,” kata Saini.

Hingga saat ini menurut Saini sudah ada delapan ekor anjing pelacak yang dilatih untuk mengenali virus corona. Mereka ditempatkan di pangkalan militer di kawasan utara dekat perbatasan dengan China yang kerap terjadi konflik.

Anjing itu ditugaskan untuk bisa mendeteksi para tentara yang tertular virus supaya tidak merebak di pangkalan militer.

Jumlah kasus virus corona di India adalah yang tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Namun, rata-rata jumlah penambahan kasus harian mereka semakin menurun sejak September 2020 lalu.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *