Connect with us

Peristiwa

Akibat Luapan Sungai Citarum Sejumlah Wilayah di Kabupaten Bandung Terendam Banjir

Published

on

Share

Reportersatu, Hujan deras mengguyur wilayah Bandung sejak Kamis sore hingga malam hari yang mengakibatkan meluapnya Sungai Citarum dan merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung pada Jumat pagi.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyebut banjir di kawasan Bandung selatan itu melanda sedikitnya lima kecamatan. Yakni, Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Cicalengka, dan Kecamatan Rancaekek.

Baca Juga : Banjir Bandang dan Longsor Landa Sumedang, 2 Orang Hanyut Terseret Arus

loading...

“BPBD berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Dayeuhkolot, Bojongsoang, Baleendah dan relawan untuk melaksanakan kaji cepat dan evakuasi ke lokasi banjir,” kata Manajer Pusdalops BPBD Provinsi Jabar Budi Budiman Wahyu dalam keterangannya, Jumat (26/3/21).

Selain itu, BPBD Provinsi Jabar berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung untuk menyiapkan posko pengungsian di Posko BPBD Baleendah dan berkoordinasi dengan koordinator tiap pengungsi.

Dalam laporannya, Pusdalops BPBD Jabar menyebutkan, banjir di Kecamatan Dayeuhkolot merendam Desa Dayeuhkolot, Citeureup, dan Kelurahan Pasawahan. Sebanyak 5.761 KK atau 19.950 jiwa terdampak dan 9 kepala keluarga (KK) atau 24 jiwa mengungsi.

Selain itu, banjir dengan tinggi muka air (TMA) 30-100 cm itu juga telah merendam 4.165 rumah, 8 tempat ibadah, dan 2 bangunan sekolah.

Di Kecamatan Baleendah, banjir menggenangi Kelurahan Andir dan Baleendah. Sebanyak 8.624 KK atau 32.799 jiwa terdampak dan 4 KK atau setara 15 jiwa mengungsi.

Banjir di Baleendah juga merendam 4.439 rumah, 26 sekolah, dan 38 tempat ibadah. TMA berkisar antara 20-110 cm.

Di Kecamatan Bojongsoang, banjir juga merendam tiga desa yaitu Desa Bojongsoang, Bojongsari, dan Tegalluar. Sebanyak 2.482 KK atau 7.070 jiwa terdampak namun tidak ada warga yang mengungsi. Selain itu, banjir dengan ketinggian 10-40 cm tersebut merendam sebanyak 1.968 rumah.

Di Kecamatan Cicalengka, banjir dilaporkan menggenangi Jalan Raya Cicalengka. TMA berkisar antara 30-40 cm.

Di Kecamatan Rancaekek, banjir menerjang Desa Bojong Loa dan Nanjung Mekar. Sebanyak 240 KK atau 720 jiwa terdampak banjir. TMA berkisar 40-100 cm.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *