Connect with us

Peristiwa

Tak Lengkapi Surat Keterangan, Kapal Bermuatan 10 Ton Arang Bakau diamankan Polisi

Published

on

Tak Lengkapi Surat Keterangan, Kapal Bermuatan 10 Ton Arang Bakau Diamankan Polisi
Share

Reportersatu, Direktorat Polisi Perairan Polda Riau menangkap KM Harapan Indah bermuatan 10 ton kayu bakau yang sudah berbentuk arang tanpa dilengkapi surat keterangan sahnya hasil hutan, Minggu (25/3/2020).

“Penangkapan itu berawal dari kecurigaan kapal Polisi IV-1006 yang sedang berpatroli di perairan Bandul Kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti, tepatnya pada posisi N 01 19′ 539″ – E 102 31′ 666″ terhadap KM Harapan Indah,” kata Dirpolair Polda Riau Kombes Badaruddin melalui Kasubdit Gakkum AKBP Wawan, Senin (30/3/2020).

loading...

Baca Juga : Bos OJK Minta Leasing Tidak Tagih Kredit Motor Macet Selama Setahun

Petugas lalu memberhentikan kapal tersebut dan setelah dilakukan pemeriksaan, KM Harapan Indah bermuatan sekitar 10 ton arang kayu bakau yang tidak dilengkapi dengan surat sahnya hasil hutan dan surat persetujuan berlayar.

“Selain mengamankan kurang lebih 10 ton arang bakau, petugas juga mengamankan G (19), warga Desa Dedap, Kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau,” bebernya.

Arang bakau itu, diangkut dari wilayah Ketam Putih Bengkalis dan rencananya akan dibawa ke Melibur Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Pelaku dikenakan Pasal 83 ayat 1 huruf B jo Pasal 95 ayat 1 hurup A UU RI No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan dan Pasal 323 ayat (1) UU RI No 17 Tahun 2008 tentang pelayaran.

Baca Juga : Siaga Corona, Pelayanan Samsat di Jambi Tutup Sementara

“Selanjutnya kapal KM Harapan Indah bawa ke Pos Sandar Bandul Polair Polres Kepulauan Meranti dan membawa tesangka Ke Mako Polairud Polda Riau untuk proses lebih lanjut oleh Subdit Gakkum Dit Polair Riau,” kata Wawan.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *