Connect with us

Nasional

98 kamera ETLE Terpasang di Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta

Published

on

Share

Reportersatu, Sebanyak 98 kamera tilang elektronik atau ETLE telah terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta mengikuti peluncuran tahap pertama . Lokasi baru tilang elektronik Jakarta pun menjadi lebih banyak, dari yang semula baru di ruas jalan Sudirman-MH Thamrin.

Dari jumlah itu, ada tambahan sebanyak 41 kamera yang terpasang di lokasi baru tilang elektronik Jakarta. Kamera-kamera itu di antaranya ada di daerah penyangga Jakarta, jalan arteri ibu kota, jalur busway, hingga jalan tol.

loading...

Penambahan 41 kamera ETLE itu secara resmi telah beroperasi berbarengan dengan peluncuran program ETLE tahap pertama secara nasional, pada Selasa (22/3) kemarin. Total, ada 244 kamera tilang elektronik yang terpasang di 12 Polda di Indonesia.

Tak berhenti sampai di situ, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menuturkan pihaknya bakal kembali menambah 60 kamera ETLE di tahun 2021 ini.

“Kami berharap dalam waktu dekat tahun 2021, Jakarta menambah lagi 60 titik kamera ETLE. Berharap dalam waktu dekat kabupaten atau kota yang menjadi penyangga Jakarta, seperti Depok, tangerang, Bekasi,” tutur Fadil, Selasa (23/3).

Jakarta, kata Fadil, menjadi pelopor dalam penerapam ETLE secara nasional ini. Ia berharap dengan penerapan ETLE ini mampu meningkatkan ketertiban masyarakat dalam berkendara.

Fadil bahkan mengklaim keberadaan kamera ETLE di Jakarta telah berhasil menurunkan tingkat pelanggaran lalu lintas hingga 64 persen di wilayah ibu kota RI tersebut.

“Disampaikan oleh Dirlantas di titik yang ada ETLE terjadi penurunan signifikan pelanggaran lalu lintas, dari tahun 2019-2020 sepanjang Sudirman-Thamrin rata-rata turun sebanyak 64 persen pelanggaran lalu lintas,” ujarnya.

Selain itu, Fadli menyatakan Polda Metro Jaya akan melakukan uji coba ETLE Mobile pada Sabtu dan Minggu. Penerapan ETLE Mobile itu, kata Fadli, salah satunya untuk mencegah aksi kebut-kebutan pengendara.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *