Connect with us

Kesehatan

9 Cara Alami Untuk Memutihkan Gigi

Published

on

Cara Memutihkan Gigi Vinohefba (1)
Share

Reportersatu, Gigi yang tampak putih bersih adalah dambaan semua orang. Memiliki barisan gigi putih bersih tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang saat tersenyum. Tak heran, berbagai macam cara dilakukan seseorang untuk mendapatkan gigi putih dan bersih.

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk memutihkan gigi ialah alat penyinar, gel, strip, dan pasta gigi. Beberapa produk kimia tersebut mengandung zat-zat tertentu yang memiliki risiko menimbulkan beberapa gangguan tertentu. Oleh karena itu, sebelum menggunakan produk tersebut sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan para ahli.

Baca Juga : 3 Resiko Anak Terlalu Banyak Minum Susu

Ada banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi tanpa harus khawatir terkena risiko gangguan pada gigi. Lantas, bagaimana cara memutihkan gigi dengan cepat secara alami?

Daun Sirih

Cara memutihkan gigi dengan cepat yang pertama adalah menggunakan daun sirih. Sudah sejak lama daun sirih berfungsi efektif dalam membersihkan gigi. Selain itu, beberapa kandungan daun sirih juga berperan penting untuk menurunkan risiko gigi berlubang.

Cara mendapatkan khasiat dari daun sirih cukup mudah, Anda hanya perlu mengunyah beberapa lembar daun sirih. Selain itu, daun sirih juga dapat Anda tumbuk, lalu oleskan di area gigi hingga rata.

Daun Salam

Sejak lama daun salam dikenal mampu membersihkan dan memutihkan gigi secara alami. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun salam mampu membuat gusi dan mencegah akumulasi rongga.

Cara mendapatkan khasiatnya cukup mudah, tumbuk daun salam hingga halus, kemudian gunakan bubuk daun salam sebagai pasta untuk menyikat gigi.

Siwak

Cara memutihkan gigi dengan cepat secara alami lainnya, yaitu menggunakan siwak. Sejak dulu siwak sudah dikenal sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan membersihkan gigi.

Siwak dipercaya mengandung beberapa zat alami yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, mencegah gigi berlubang, dan mengikis plak.

Cara menggunakan siwak untuk membersihkan gigi cukup mudah, tumbuk siwak hingga halus, kemudian campur dengan sedikit air sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan siwak yang telah berbentuk pasta tersebut ke area gigi hingga merata.

Buah Stroberi

Salah satu cara memutihkan gigi dengan cepat yaitu menggunakan buah stroberi. Buah ini memiliki kandungan asam sitrat yang dipercaya efektif untuk menghambat berbagai bakteri pada gigi.

Untuk mendapatkan khasiat dari stroberi, hancurkan terlebih dahulu buah ini, lalu campurkan dengan banking soda hingga membentuk pasta dan oleskan pada area gigi sampai rata.

Berhenti Merokok

Salah satu penyebab gigi menguning ialah aktivitas merokok. Selain menyebabkan gigi kuning, aktivitas ini juga dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

Oleh karena itu, mengurangi atau berhenti merokok menjadi cara paling efektif untuk membersihkan gigi dari kuman dan bakteri.

Kurangi Konsumsi Kopi

Minum kopi memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat membuat gigi berwarna kuning.

Apabila Anda ingin memiliki gigi putih bersih, sebaiknya mulai sekarang mengurangi mengonsumsi kopi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, imbangi dengan menggosok atau sikat gigi secara rutin.

Menjaga Pola Makan

Cara memutihkan gigi dengan cepat secara alami berikutnya, yaitu menjaga pola makan sehat. Pasalnya, salah satu penyebab gigi kuning ialah karena mengonsumsi makanan yang kurang sehat, sehingga hal ini dapat menimbulkan bakteri pada gigi.

Beberapa makanan yang dapat menyehatkan dan memutihkan gigi salah satunya ialah sayuran, seperti bayam, brokoli, dan kacang-kacangan. Selain itu, buah-buahan seperti durian juga berfungsi efektif menjaga kesehatan gigi. Kandungan kalium, kalsium serta vitamin B yang terdapat di buah durian sangat bermanfaat untuk melindungi gigi dari berbagai macam penyakit.

Baking Soda

Baking soda menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membantu membersihkan dan memutihkan gigi dengan cepat. Caranya cukup mudah, campurkan banking soda dengan sedikit air kemudian oleskan atau gosokkan pada area gigi hingga rata.

Lakukan cara ini setidaknya beberapa kali dalam satu minggu hingga gigi nampak putih bersih.

Kulit Pisang

Kulit pisang juga dapat membantu memutihkan gigi dengan cepat. Kandungan magnesium dan kalium pada kulit pisang berperan penting untuk menjaga kesehatan mulut dan memutihkan gigi dengan cepat. Caranya mudah, gosok bagian dalam kulit pisang ke seluruh gigi sekitar 10 menit dan bilas mulut dengan air.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *