Connect with us

Kuliner

7 Varian Sate Khas Indonesia, Yang Mana Favoritmu?

Published

on

Share

Reportersatu, Sate merupakan makanan populer dan favorit di Indonesia dengan ragam varian dan cita rasa sesuai resep pembuatnya.

Berikut kami sajikan tujuh varian sate yang kerap hilir mudik di dunia kuliner Indonesia.

Sate Padang

Sate Padang asal Sumatera Barat ini biasanya terbuat dari daging, lidah, dan jeroan sapi. Namun banyak juga ditemukan yang berbahan daging ayam.

Tusukan daging sate Padang biasanya diberi bumbu sebelum dibakar.

Salah satu keunikan sate Padang datang dari kuahnya yang kuning dan bertekstur kental. Sebagai pelengkap, sate ini kerap disajikan dengan keripik balado khas Padang dan bawang goreng.

Sate Madura

Sate ayam bertabur kuah kacang manis gurih ini mudah ditemukan di mana-mana, karena memang sudah jadi salah satu sate favorit masyarakat Indonesia.

loading...

Sebagai pelengkap, sate Madura kerap disajikan dengan potongan cabai, bawang merah, dan lontong atau nasi.

Sate Klathak

Sate satu ini merupakan makanan khas dari Yogyakarta, pemberian nama klathak disesuaikan dengan bunyi yang dihasilkan sate saat dibakar di atas bara api.

Sate klathak memiliki cita rasa kenyal, gurih dan manis khas Yogyakarta.

Sate Lilit

Kalau sate klathak khas Yogyakarta, sate lilit merupakan sate khas Pulau Dewata, Bali. Sate ini kerap dibuat dari daging ayam, kambing, ikan dan babi.

Sate lilit unik sebab daging cincang sebagai bahan utama sate dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, dan bumbu lainnya, kemudian dililitkan ke batang serai sebelum dibakar.

Sate unik ini juga jadi makanan favorit turis mancanegara yang datang ke Bali

Sate Buntel

Sate khas Kota Surakarta ini jadi salah satu makanan kesukaan Presiden Jokowi saat mudik ke Surakarta.

Sate bercita rasa manis ini biasanya terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus lemak kambing sebelum ditusuk dan dibakar.

Sate Kerang

Sate kerang sering dijumpai di Kota Surabaya dan Sidoarjo, seperti namanya, sate ini terbuat dari daging kerang yang sebelumnya direbus dan diberi bumbu hingga matang, kemudian disajikan bersama lontong, kecap dan sambal.

Sate Taichan

Sate taichan biasanya terbuat dari daging ayam yang dibakar tanpa baluran bumbu kacang atau kecap seperti sate pada umumnya.

Sate ini umumnya berwarna putih polos dan hanya dibumbui garam, jeruk nipis, dan sedikit cabai. Serta kerap disajikan bersama sambal dan perasan jeruk nipis.

Tentu, tak hanya 7 jenis sate yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia sebagai kekayaan kuliner Nusantara jadi, yang mana favoritmu?


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *