Connect with us

Kesehatan

7 Tips Menurunkan Berat Badan Dalam Satu Bulan

Published

on

Share

Reportersatu, sukses menurunkan berat badan dalam waktu satu bulan bukanlah hal yang mustahil.
Asalkan Anda mau melakukannya dengan sungguh-sungguh, meskipun harus bertahap.


Mengutip dari laman Healthline, simak cara agar berat badan turun hingga 4,5 kilogram dalam waktu satu bulan yang bisa diterapkan, tentunya metode ini sehat dan aman bagi kesehatan.

  1. Hitung Asupan Kalori
    Membatasi jumlah karbo harian memang sangat penting. Idealnya, mengonsumsi karbo per hari adalah 45-65 persen dari total asupan.
    Itu artinya jika 2.000 kalori dalam sehari masuk ke tubuh, karbohidratnya sekitar 225-325 gram per hari. Tapi untuk yang diet, kebutuhan karbo harus dikurangi jadi 50-150 gram.
  2. Kurangi Minuman Manis
    Delicious homemade Iced Dalgona Coffee, a trendy fluffy creamy served on a table, with a plate of apple as backgroundFoto: iStock/gahsoon
    Mengurangi minum minuman manis adalah cara agar berat badan turun dalam 1 bulan
    Mengonsumsi minuman dengan pemanis tambahan, hanya akan memberi kalori kosong pada tubuh yang berbeda pada kalori makanan, sehingga menimbulkan efek lapar berlebih.
    Supaya program menurunkan berat badan tidak sia-sia, ada baiknya kurangi minuman manis dan ganti dengan jus wortel. Selain itu perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
  3. loading...
  4. Konsumsi Makanan Bernutrisi
    Ketika menjalani program penurunan berat badan Anda harus cerdas dalam menentukan jenis makanan yang baik untuk tubuh, menyehatkan, serta tinggi nutrisi.
    Pilihlah sayuran hijau, buah, ikan dan masak dengan cara tepat supaya gizinya tidak hilang. Sedangkan untuk sarapan, sebaiknya konsumsi makanan tinggi protein yaitu telur atau yogurt.
  5. Latihan HIIT
    Fit sporty active young woman learning warrior yoga pose watching live streaming online workout exercise training weightloss class sport tv at home in living room
    Perbanyak olahraga dan gerak aktif setiap hari adalah cara agar berat badan turun dalam 1 bulan
    High-intensity interval training (HIIT) merupakan latihan dengan intensitas tinggi seperti berjalan kaki tapi dibarengi berlari selama 1 menit penuh, dan jeda 3 menit untuk atur napas.
    Supaya latihan HIIT lebih maksimal dapat dilakukan minimal 30 menit selama 3 kali dalam seminggu. Kemudian dikombinasikan dengan squat, push up, atau berjalan kaki.
  6. Perbanyak Gerak Setiap Hari
    Cara agar berat badan turun dalam 1 bulan tidak hanya dengan berolahraga, tapi dapat dengan perbanyak aktivitas sehari-hari misalnya berkebun, mengutamakan jalan kaki ketimbang naik motor, atau naik-turun tangga daripada naik lift.
    Selain itu, bisa juga membersihkan rumah, peregangan 30 menit serta dibarengi latihan kardio minimal 20-40 menit per hari untuk membakar kalori juga memperkuat jantung.
  7. Puasa Intermittent
    Mencoba menerapkan puasa berselang atau intermitten fasting adalah cara agar berat badan turun dalam 1 bulan
    Melakukan puasa intermittent untuk menurunkan berat badan boleh saja, asal disesuaikan kondisi tubuh. Misalnya mulai dari metode 16:8, 16 jam puasa dan 8 jam waktu makan.
    Apabila sudah terbiasa dapat lanjut ke metode lain yaitu eat-stop-eat yakni puasa selama 24 jam lalu makan sehari setelahnya, atau 5:2 berarti makan 500 kalori selama 2 hari.
  8. Istirahat Cukup
    Tidur dengan cukup, akan sangat berpengaruh membantu proses menurunkan berat badan. Pasalnya bila Anda kurang istirahat, hal tersebut memicu meningkatkan rasa lapar.
    Selama fokusnya menurunkan berat badan, mulai biasakan tidur teratur selama 8 jam. Serta kurangi kebiasaan makan menjelang waktu tidur yang bisa membuat Anda tidak nyenyak.
    Untuk kondisi tubuh tertentu, penjelasan mengenai cara agar berat badan turun 4,5 kg dalam sebulan bisa jadi tidak terlalu berpengaruh.
    Sehingga boleh saja apabila ingin konsultasi ke dokter atau pakar kebugaran terlebih dulu, supaya memperoleh hasil yang lebih optimal.

Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *