Connect with us

Kuliner

6 Tips Membuat Kentang Goreng Yang Renyah Ala Resto Fast food

Published

on

Kentang (1)
Share

Reportersatu, Kentang goreng adalah kudapan yang seringkali ditemui di kafe, restoran, maupun di pinggir jalan. Lebih dikenal dengan sebutan french fries, kentang goreng memang bisa dijadikan camilan yang enak dan mengenyangkan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat kudapan ini begitu diminati.  

Camilan ini paling enak disantap bersama cocolan saus sambal dan mayonnaise. Bahkan, saat ini kentang goreng kerap disajikan dengan aneka macam bumbu tabur dan saus kekinian. Mulai dari saus keju, saus rumput laut, saus barbeque, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pastel de Nata, Kue Khas Portugis Paling Populer di Dunia

Meski banyak dijual di kafe atau restoran cepat saji, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Apalagi resep kentang goreng banyak beredar di dunia maya. Jadi, kamu tidak perlu bingung untuk membuat kentang goreng yang renyah seperti yang dijual di restoran cepat saji.

loading...

Cara memasak kentang goreng ternyata tak bisa sembarangan. Agar hasilnya nikmat, Anda perlu memerhatikan kualitas kentang, suhu minyak, cara menggoreng, hingga teknik penyajian.

Berikut cara memasak kentang goreng yang renyah sempurna dari Belgia. Belgia merupakan negara ‘kelahiran’ kentang goreng. Di sana, memasak dan menyantap kentang goreng telah menjadi budaya yang melekat.

1. Kualitas kentang

Untuk mendapatkan rasa kentang goreng yang nikmat, kentang yang digunakan harus yang berkualitas tinggi, cirinya ialah kentang yang bersih dan berukuran besar.

Setelah dibersihkan, lalu potong kentang dengan ketebalan sekitar 1-1,5 cm.

“Semakin besar potongan, daging kentang akan semakin terasa,” kata Presiden World Potato Congress Romain Cools dalam jumpa media di SIAL Interfood, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jika menggunakan kentang yang sudah diproses, pilihlah kentang keluaran merk yang memiliki kualitas baik.

2. Penggorengan

Gunakan penggorengan yang memiliki saringan, sehingga kentang goreng dapat diangkat secara bersamaan dengan mudah. Agar hasil merata, pastikan jumlah minyak dapat merendam keseluruhan kentang. Suhu minyak yang ideal untuk menggoreng kentang ialah 170-175 derajat Celcius atau api sedang.

3. Jumlah kentang

Saat menggoreng, pastikan jumlah kentang tidak melebihi setengah dari kapasitas wajan. Ini bertujuan agar semua kentang bisa matang merata. Terlalu banyak kentang dalam wajan justru membuat teksturnya menjadi lembek.

4. Digoyangkan

Dikutip dari Original Fries, goyangkan kentang setelah 30 detik dimasukkan ke dalam minyak panas agar tak saling menyatu dan menciptakan tingkat kegaringan yang pas. Lakukan berulang sampai kentang berubah warna.

5. Masak hingga kekuningan

Setelah itu, tunggu kentang goreng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat kentang dan tiriskan minyak lalu letakkan dalam wadah berlapis kertas yang dapat menyerap minyak.

6. Bumbu

Bumbui kentang goreng dengan sedikit garam. Sejumlah topping seperti daun bawang dan seledri juga bisa ditambahkan. Nikmati kentang goreng bersama saus cabai, tobat atau mayones.

Kentang goreng yang renyah di luar dan lembut di dalam dapat segera dinikmati.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *