Connect with us

Kesehatan

6 Resiko Menggunakan Masker Wajah Setiap Hari

Published

on

Apakah Boleh Masker Digunakan S.width 800.jpegquality 80
Share

Reportersatu, Memakai masker wajah adalah salah satu perawatan yang kerap kali di lakukan oleh semua orang terutam kaum hawa. Namun, seringkali karena ingin mendapat hasil yang maksimal dan mengharapkan perubahan yang cepat, seseorang akan menggunakan masker setiap hari. Apakah Kamu juga begini?

Perlu Kamu ketahui, menggunakan masker setiap hari bisa berbahaya bagi kulit wajahmu, lho. Memang apa saja bahayanya? Simak ulasan berikut ini.

1. Iritasi kulit
Biasanya, masker mengandung banyak alkohol. Jika digunakan setiap hari, alkohol ini bisa memengaruhi keseharan kulit, bahkan membikin iritasi. Nah, jika sudha iritasi, kulit jadi rentan terkena masalah kulit lainnya.

2. Menyebabkan jerawat
Menggunakan masker setiap hari, namun tak dibersihkan sempurna bisa menyumbat pori-pori. Nah, kondisi ini bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat, lho.

Karenanya, Kamu lebih baik menggunakan masker sesuai takaran dan dosis yang aman. Lalu pastikan wajah bersih sempurna setelah menggunakan masker agar tak menyumbat pori-pori dan memunculkan masalah kulit lainnya.

3. Kulit menjadi kering
Menggunakan masker setiap hari bisa mengurangi minyak pada wajahmu. Mungkin memang ini yang Kmu harapkan, karena Kamu percaya tanpa ada minyak, maka masalah kulit bisa dihindari.

Eits, kulit tanpa minyak justru malah bikin masalah lho. Pasalnya, kulit bisa kehilangan kelembabannya sehingga menjadi kering. Maka dari itu, Kamu sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan masker.

4. Mempercepat penuaan dini
Sudah disinggung sebelumnya, menggunakan masker setiap hari akan membuat kulitmu kering. Nah, jika kulit tak mampu memproduksi keringat untuk mengembalikan kelembaban, risiko munculnya penuaan dini semakin meningkat. Jadi, kulit yang diharapkan jadi bersih dan sehat justru malah mengerut lebih cepat.

5. Wajah menjadi lebih berminyak
Memakai masker setiap hari memang membuat minyak di wajah hilang, bahkan membuat kulit jadi kering. Karenanya, kulit jadi harus bekerja lebih keras untuk memproduksi keringat dan mengembalikan kelembapan kulit. Akibatnya, kulit wajahmu menjadi lebih berminyak, bahkan bisa berisiko memunculkan masalah kulit lain.

6. Kulit menjadi sensitif
Kulit lebih cepat menipis jika terlalu sering memakai masker. Kondisi ini bisa membikin kulitmu menjadi sensitif. Jika kulitmu sensitif, maka masalah kulit lainnya bisa muncul—seperti kulit kemerahan, mengelupas, dan beruntusan.

Nah, setelah tahu efek menggunakan masker setiap hari seperti itu, sudah seharusnya Kamu sadar untuk mematuhi aturan dosis dan frekuensi penggunaan masker.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *