Connect with us

Kesehatan

6 Kebiasaan Buruk Pemicu Perut Buncit

Published

on

Share

Reportersatu, Penumpukan lemak di perut atau perut buncit dapat mengganggu penampilan sekaligus membahayakan kesehatan.

Tanpa disadari penumpukan lemak di perut itu disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang Kamu lakukan. Sayangnya, Kamu cenderung tak menyadari punya kebiasaan buruk. Namun, ujung-ujungnya tetap mengeluh karena punya perut buncit yang mengganggu penampilan.

Meski nampak sepela karena dianggap mengganggu penampilan, perut buncit juga bisa meningkatkan risiko terkena sejumlah penyakit berbahaya, lo, mulai dari obesitas hingga penyakit jantung. Nah, sebelum terlalu buncit, sebaiknya ketahuilah kebiasaan yang bisa membikin buncit sehingga Kamu bisa mencegah risikonya. Berikut inilah hal yang harus Kamu hindari.

1. Banyak makan gorengan
Gorengan memang nikmat. Namun makanan ini mengandung tinggi kalori, lemak jenuh, dan garam. Adapun ketiga hal ini menjadi penyebab terbesar perut bisa buncit dan obesitas.

loading...

2. Makan terlalu cepat
Makan terlalu cepat membuat berat badan cepat naik, yang juga menyebabkan perut buncit, lo. Kok bisa?

Perlu diketahui, orak membutuhkan waktu paling tidak 20 menit untuk menyadari bahwa perut sudah kenyang. Jika Kamu makan dengan cepat, tubuhmu bisa makan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Hal ini tentunya juga bisa membikin perutmu buncit lantaran banyak makan, terlebih jika kurang gerak.

3. Makan saat emosi
Kebiasaan makan saat sedang emosi alias emotional eating, seperti marah, sedih, atau stress, juga bisa membuat perut buncit, lo. Sebab kondisi ini membuatmu cenderung makan lebih banyak dan memilih makanan yang manis, dengan harapan menenangkan dan mengalihkan emosi.

Sayangnya, kebiasaan itu membikin tubuh mendapat kalori berlebih, yang berkontribusi pada penumpukan lemak di perut dan buncit.

4. Sedikit minum
Mencukupi kebutuhan cairan harian yang sangat berperan penting dalam menjaga berat badan ideal. Bahkan, dengan meningkatkan asupan ini, proses pembaran lemak untuk energi bisa lebih cepat. Beberapa ahli telah membuktikan bahwa upaya ini berperan penting dalam metabolisme lemak.

Sementara itu, jarang minum bisa menyebabkan dehidrasi yang berkontribusi membikin perut buncit. Menurut studi, dehidrasi ringan bisa memperlambat proses pembaran lemak untuk energi.

5. Kurang tidur dan makan larut malam
Kamu yang punya gangguan tidur seperti insomnia atau kebiasaan begadang tentu berisiko punya perut buncit, lo. Pasalnya, kurang tidur membuatmu cenderung makan lebih banyak dan tak terkontrol di keesokan harinya.

Selain itu, terjaga pada malam hari kerap kali membuat lapar, sehingga Kamu makan meski sudah larut. Namun sebelum makanan dicerna total di pencernaan, Kamu malah tidur. Hal ini membuat lemak menumpuk di perut yang kemudian menyebabkan perut buncit.

6. Olahraga tak teratur
Olahraga menjadi cara terbaik untuk membakar lemak di perut dan menghilangkan buncit. Namun, jika salah dilakukan, perut buncit tak kunjung hilang. Untuk itu, sebaiknya Kamu ketahui lingkar pinggangmu untuk mengetahui durasi dan jenis olahraga yang perlu dilakukan. Durasi waktu pun tergantung jenis olahraga yang dilakukan.

Nah, sudah tahu ‘kan apa saja kebiasaan burukmu yang membikin perut buncit? Sejatinya, pola makan dan gaya hidup yang tak sehat menjadi penyebab penumpukan lemak perut, yang membikin buncit. Maka dari itu sebaiknya hindarilah kebiasaan buruk itu dan cobalah untuk hidup lebih sehat.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *