Connect with us

Kesehatan

5 Kebiasan Buruk Yang Bikin Gigi Menguning

Published

on

Gigi Menguning
Share

Reportersatu, Setiap orang mengidamkan gigi putih, bersih, dan sehat. Maka dari itu, tak ayal bila ada orang yang melakukan perawatan rutin, seperti sikat gigi dan berkumur.

Kendati melakukan upaya itu, gigi bukannya memutih, justru malah menguning. Itu artinya, tanpa disadari, ada kebiasaan Anda yang bisa membuat gigi menguning. Hal ini pun diakui oleh dokter gigi Harold Katz, DDS. Menurutnya, selain faktor genetik dan penyakit tertentu, gigi kuning bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang mengikis enamel.

Untuk diketahui, gigi dilapisi oleh enamel, yang membuat gigi tampak putih kebiruan dan agak tembus pandang. Di bawah lapisan enamel, ada lapisan dentin yang berwarna kuning. Jika enamel terkikis, maka yang akan terlihat adalah dentin. Jadi, warna asli gigi bukan putih cemerlang seperti yang digambarkan iklan.

Oleh karenanya, kenali kebiasaan yang dilakukan tanpa sadar, yang bisa membuat gigi menguning. Berikut sejumlah kebiasaan yang menyebabkan gigi kuning.

1. Sikat gigi terlalu keras dan cepat
Teknik membersihkan gigi harus benar. Menggosok gigi dengan keras bisa menekan, merusak dan mengikis lapisan enamel yang tipis. Akhirnya, lapisan dentin yang nampak, sehingga gigi terlihat menguning.

Sebaiknya sikatlah gigi dengan perlahan. Bersihkan gigi dengan rutin, yaitu dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur.

2. Terlalu sering menggunakan obat kumur
Kadar asam pada obat kumur yang dijual di toko biasanya tinggi. Jika terlalu sering digunakan justru bisa membuat mulut kering dan merusak email gigi.

Ketika mulut kering, air liur bisa tak maksimal bekerja untuk membantu menjaga kelembapan mulut, mengurangi tingkat keasaman, melumpuhkan bakteri jahat, dan mencegah noda menempel pada enamel.

3. Sering minum kopi, soda, dan teh
Kandungan kafein dalam kopi, teh, dan minuman energi bisa mengikis enamel gigi jika dikonsumsi berlebihan (2-3 kali sehari). Demikian pula asam pada soda.

Gula pada minuman ini pun membuat bakteri betah, sehingga produksi asam semakin tinggi. Kondisi ini pun menyebabkan gigi menguning, bahkan bakteri bisa membuat lubang di gigi dan menyebabkan penyakit lainnya.

Ketika enamel terkikis, noda minuman bisa menetap pada dentin sehingga gigi akan menguning jika tak dibersihkan dengan benar dan teratur.

4. Sering makan buah asam
Buah-buahan asam, seperti citrusz memang kaya akan vitamin. Namun, bisa membuat gigi menguning bila terlalu banyak dikonsumsi. Guna mencegahnya, kebutuhan air harus seimbang setelah mengonsumsi buah tersebut.

5. Merokok
Nikotin dan tar pada rokok tembakau bisa menempel pada email gigi dan membuatnya menguning. Kondisi ini bisa didapat dalam waktu singkat. Bagi perokok berat, warna gigi bisa kecoklatan bahkan hitam setelah bertahun-tahun merokok.


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *