Connect with us

Kuliner

4 Kuliner Unik Khas Siprus Utara

Published

on

Share

Reportersatu, Setiap negara memiliki ciri khas kuliner masing-masing, termasuk wilayah Siprus Utara. Siprus Utara atau Turkey Republic of Northern Cyprus terletak di sebuah pulau di perairan Mediterania, Yunani.

Negara jajahan Britania Raya ini hanya diakui oleh Turki, sementara negara tetangganya yakni Siprus Selatan diakui kedaulatannya dan bergabung dengan Uni Eropa.

Meski punya sejarah yang rumit dan terpinggirkan, negara ini tak kehilangan peradaban. Menurut Nationalia, ada sekitar 313.628 penduduk Siprus Utara pada 2013. Penduduknya kini didominasi oleh kelompok umur lanjut usia (lansia).

Baca Juga : Ragit, Kuliner Legendaris Khas Palembang yang Diburu Saat Ramadhan

Namun tak diakui oleh dunia sebagai negara berdaulat bukan berarti Siprus Utara tak punya makanan khas. Jika Anda berencana mengunjungi Siprus, ada baiknya Anda menyempatkan diri ke negara yang tidak diakui oleh dunia ini. Anda bisa mencicipi sajian kuliner khas perpaduan Timur Tengah, Inggris, dan Prancis di Siprus Utara.

Berikut kuliner unik khas Siprus Utara dilansir dari berbagai sumber.

1. Salad terong dengan yoghurt

Terong salad atau yoğurtlu patlıcan salatası adalah salah satu makanan khas Siprus Utara. Namun, dikutip dari Food to Love, makanan ini juga disajikan di negara timur tengah lainnya, seperti Turki, Iran, Iraq, hingga Saudi Arabia.

Bahan utamanya adalah terong, greek yoghurt, bawang putih, gula pasir, olive oil, perasan air lemon, parsley, dan potongan lemon.

Cara membuatnya, dengan memanggang terong utuh di oven bersuhu 200 derajat celcius selama 40 menit. Sementara menunggu, campur yoghurt, bawang putih, dan bumbu lainnya dalam mangkuk.

Setelah terong empuk dan matang, potong kotak atau memanjang, dan susun di piring saji. Taburi dengan gula, minyak zaitun, dan perasan lemon. Diamkan campuran ini selama 10 menit, lalu beri campuran yogurt di atas terong dan taburi dengan peterseli.

2. Halloumi Bread

Halloumi adalah keju khas Siprus yang terbuat dari susu domba atau kambing, atau campuran keduanya, kemudian diasamkan.

Sejatinya, roti halloumi mirip seperti roti pada umumnya, hanya saja isi rotinya adalah keju khas Siprus. Roti halloumi dipanggang dengan oven hingga 375 derajat celcius, ditambahkan dengan minyak zaitun, daun mint kering, dan bawang bombay yang dicincang halus.

Buat lubang pada bagian tengah roti dan isi dengan keju halloumi, kemudian tutup kembali dengan adonan. Anda bisa menambahkan minyak zaitun pada bagian ini sebelum dipanggang.

3. Okra

Okra adalah salah satu jenis sayuran yang tumbuh di kawasan Ethiopia. Di negaranya sendiri, tak banyak orang yang suka okra karena berlendir seperti lidah buaya.

Di Siprus Utara, orang biasanya merendam okra dalam campuran air cuka sebelum dimasak untuk menghilangkan lendirnya. Okra biasanya dimasak dengan cara ditumis atau menjadi rebusan.

Cara termudah adalah dengan mencampur okra yang sudah dibersihkan dengan bawang putih dan bawang bombay yang sudah ditumis menggunakan minyak zaitun. Setelah itu, beri saus tomat, peterseli, dan air secukupnya hingga okra menjadi lembek.

Rebusan okra yang sudah matang biasanya disajikan dengan daging domba panggang.

4. Kleftiko

Kletfiko adalah daging domba panggang khas Siprus Utara. Ia biasanya disajikan sebagai menu utama dengan okra, atau yogurt.

Pertama, daging domba dilumuri dengan pasta yang terbuat dari kulit lemon, kayu manis, lada hitam, dan minyak zaitun. Daging domba yang sudah dilumuri dimarinasi selama semalam.

Kemudian keluarkan daging tersebut dari lemari es satu jam sebelum akan memasaknya. Lapisi loyang dengan aluminium foil, lalu letakkan kentang yang sudah diiris dan olesi dengan minyak zaitun. Daging domba diletakkan di atas kentang dan bungkus erat dengan aluminium foil.

Panggang di oven hingga 4,5 jam atau sampai daging empuk.

Setelah agak empuk, lapisi daging domba tersebut dengan jus lemon dan panggang kembali selama 20 menit hingga kecoklatan.

Sebagai sausnya, campurkan cuka anggur merah, minyak zaitun, dan sedikit bumbu yang digunakan untuk mengolesi daging. Aduk semuanya dan tambahkan saat siap di makan.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *