Connect with us

Peristiwa

2 Warga Tangerang Diamankan Usai Palsukan Surat Bebas Covid

Published

on

Share

Reportersatu, Dua pemudik yang baru pulang dari kampung halamannya berinisial AS dan SN ditangkap polisi karena kedapatan memalsukan surat keterangan rapid test Covid-19.

Pemalsuan surat itu dilakukan kedua warga asal Tangerang itu agar bisa lolos dari pemeriksaan petugas Satgas Covid-19 yang mendata masyarakat yang baru pulang mudik. 

Peristiwa ini terjadi pada Rabu (19/5) lalu, bermula saat SG selaku pegawai di kantor kelurahan menghubungi SN yang baru pulang mudik dari Pekalongan, Jawa Tengah. SG meminta SN untuk menunjukkan bukti surat keterangan melakukan tes Covid-19 lewat aplikasi pesan singkat.

loading...

Baca Juga : Terpapar Covid-19, 13 ABK Asal Surabaya Isolasi Mandiri di Kapal

“SN menjelaskan bahwa sudah melaksanakan rapid test antigen dengan hasil negatif, setelah itu saudari SN memberikan foto surat hasil rapid test antigen miliknya yang dikeluarkan oleh salah satu klinik di Jakarta Selatan,” kata Kapolsek Tangerang Kompol Yulies dalam keterangannya, Jumat (21/5/21).

Setelahnya, SG mendatangi kediaman SN untuk melihat surat hasil tes. Namun, SN ternyata tidak dapat menunjukkan surat keterangan tersebut.

SN pun lantas mengaku bahwa dirinya tidak melakukan tes swab antigen. Ia juga mengaku bahwa surat keterangan hasil tes itu diperoleh dari seseorang berinisial AS.

“Yang ternyata diketahui bahwa surat tersebut adalah palsu hasil editan yang dibuat sendiri oleh pelaku saudara AS,” ucapnya.

Disampaikan Yulies, pelaku AS membuat surat keterangan hasil tes itu menggunakan aplikasi pengedit foto. Lalu, diberikan tambahan keterangan yang diambil oleh pelaku dari internet.

“Jangan sekali-kali memalsukan surat keterangan dokter hasil swab antigen karena itu merupakan tindak pidana dan dikenai pidana penjara selama-lamanya 4 tahun, sesuai dengan Pasal 268 KUHP,” tutur Yulies.

Yulies menuturkan, kedua pelaku tengah menjalani isolasi mandiri setelah kembali dari perjalanan mudik. Nantinya, lanjut Yulies, keduanya juga bakal menjalani tes PCR untuk memastikan apakah mereka benar terbebas dari paparan Covid-19.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Lebaran, pemerintah melakukan penyekatan arus balik. Namun bagi para pemudik yang lolos penyekatan akan dimintakan surat bebas Covid-19 di rumah mereka.


Share
Continue Reading
Advertisement
[adsforwp id="94921"]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *