Connect with us

Kesehatan

10 Aktifitas Sederhana yang Bisa Membuat Otak Lebih Optimal

Published

on

Kebiasaan Sederhana Sehari Hari Rev1
Share

Reportersatu, Melakukan sejumlah aktivitas baik secara fisik maupun mental tertentu bisa membantu menjaga otak tetap optimal. Beberapa hal ini walau tampak konyol dan sepel namun ternyata memiliki dampak luar biasa.

Memberikan otak pengalaman baru yang melibatkan baik fisik dengan rasa emosional merupakan cara yang bisa menjaga kesehatannya. Dengan otak yang optimal maka tidak akan terjadi kendala dalam melakukan sejumlah hal seperti bekerja atau belajar.

Kebiasaan Sederhana Sehari-Hari

1. Menyikat Gigi dengan Tangan Non-Dominan

Gunakan tangan non-dominan untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti menyikat gigi atau membuka tutup pasta gigi. Cara ini bisa menimbulkan perluasan dengan sangat cepat pada bagian korteks yang mengontrol yang memproses informasi taktil dari tangan.

2. Menutup Mata saat Mandi

Menuntup mata saat mandi bisa membuat tangan merasakan berbagai tekstur yang biasanya tidak dilihat tubuh dan kemudian dikirim dalam bentuk sinyal ke tubuh. Menutup mata juga dapat meningkatkan memori dan membantu mengingat hal.

3. Pasang Benda Secara Terbalik

Memasang foto, jam, botol minum, dan berbagai hal secara terbalik atas-bawahnya dapat membantu. Ketika kamu meletakkan hal secara terbalik, otak kanan mulai bekerja untuk memahami bentuk dan warna dari hal yang tak sejelas biasanya.

4. Tukar Tempat

Pindah posisi dudukmu dengan orang lain, tempat tidurmu di kamar, atau bahkan cara kamu mengambil garam dan merica. Semua orang biasanya memiliki tempat khusus di rumah, ubahlah tempatmu itu agar otak memiliki pengalaman yang berbeda.

5. Tebak Koin

Masukkan sejumlah uang koin ke dalam saku dan kemudian perkirakan jumlah yang kamu bawa dengan hanya menyentuhnya. Selama ini, otak kita selalu mengandalkan gambaran visual untuk memahami obyek. Dengan menggunakan sentuhan, hal ini mengak meningkatkan aktivitas area kortikal di otak.

6. Beli dan Coba Hal Baru

Pergi berbelanja dan pada swalayan kunjungi lorong yang jarang kamu datangi dan perhatikan semua hal yang ada dari atas ke bawah. Jika terdapat hal lain yang belum pernah kamu lihat sebelumnya, coba beli atau cari tahu apa itu untuk mendapat pengalaman baru.

7. Mulai Pagi dengan Berbeda

Ubah rutinitasmu sehari-hari mulai dari pagi. Hal ini bisa membesarkan area korteks di otak yang menunjukkan meningkatkan aktivitas otak. Namun aktifitas otak ini menurun jika kita melakukan hal yang sama terus-menerus setiap pagi.

8. Endus Bau yang Kamu Sukai

Letakkan bau-bauan yang kamu sukai di sebelah kasurmu selama seminggu. Buka dan endus usai kamu bangun tidur dan lakukan lagi saat kamu mandi dan berganti pakaian. Hubungkan wangi-wangian seperti vanila, sitrus, atau pepermint dengan aktifitas tertentu .

9. Baca Buku dengan Cara Berbeda

Baca buku secara lantang dengan temanmu untuk mendapat pengalaman baru. Bagian otak berbeda digunakan ketika kamu membaca secara keras atau mendengar seseorang yang sedang membaca. Hal ini bisa memperlambat proses membacamu, namun hal ini bisa meningkatkan waktu berharga bersama teman.

10. Bersosialisasi

Mulai tinggalkan kebiasaan berbelanja secara online dan datangi toko di sekitarmu. Penelitian menyebut bahwa kurangnya hubungan sosial memiliki efek negatif pada kemampuan kognitif. 


Share
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *